5 Tips Jitu Membiasakan Anak Menggunakan Masker Kain

Sejak pandemi COVID 19 menyerang dunia, masker telah menjadi salah satu senjata ampuh untuk melindungi diri agar tidak mudah tertular. Baik anak anak hingga orang dewasa, dianjurkan mengenakan masker saat hendak beraktifitas di luar rumah. Bahkan kini sudah banyak pedagang Jual Masker kain dengan aneka desain unik. Sayangnya si kecil mengeluh kurang nyaman akibat tidak terbiasa. Berikut tips cerdas membiasakan si kecil mengenakan masker.

Kenali Tips Jitu agar si Kecil Terbiasa Menggunakan Masker
1. Berikan Penjelasan Pentingnya Menggunakan Masker
Memakai masker bisa dikatakan sebagai gaya hidup baru bagi semua orang, terutama bagi anak anak. Kesulitan dalam memahami situasi darurat yang tengah dialami bumi, mengharuskan orang tua untuk menjelaskan betapa pentingnya menggunakan masker bagi kesehatannya. Pastikan mereka mengetahui alasan utama harus menggunakan masker, apa saja manfaatnya, hingga kapan waktu yang tepat untuk mengenakannya.

Jika si kecil sudah memasuki usia batita, tampaknya memberikan penjelasan pentingnya menggunakan masker akan lebih mudah. Pasalnya di usianya tersebut, dirinya sudah bisa mengetahui mana yang baik dan tidak. Selain memberikan pemahaman, Anda juga perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari hari. Contohnya saja seperti mengajarkan cara mencuci tangan yang benar hingga menggunakan masker yang tepat.

2. Biarkan si Kecil Memilih Maskernya Sendiri
Membiarkan si kecil memilih masker pilihannya sendiri, tampaknya bisa menjadi cara cerdas agar si kecil terbiasa mengenakan masker. Didukung dengan banyaknya pedagang jual masker kain dengan aneka motif cantik hingga unik, dijamin si kecil akan tertarik dan ingin mencobanya. Selain membelinya, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan membuatkan masker sendiri dengan desain yang diinginkan si kecil sebagai solusinya.

Jika memungkinkan, biarkan si kecil terlibat langsung saat pembuatan masker idamannya. Dengan begitu, dirinya akan mempunyai motivasi serta memunculkan rasa memiliki untuk mengenakannya tanpa perlu dipaksa sekalipun. Bahkan dengan menghiasnya sendiri, si kecil menyadari masker memang dibuat khusus untuk dirinya seorang tanpa ada yang bisa menyamainya.

3. Jadilah Sang Panutan
Sejak lahir ke dunia, orang tua adalah role model sekaligus panutan bagi si kecil. Wajar saja jika mereka kerap menirukan apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Menyadari jika Anda adalah panutan pertamanya, tidak ada salahnya mengenakan masker saat berada di sekitar si kecil, agar mereka tidak merasa aneh ataupun sendirian. Dengan bersikap normal dan mengajaknya mengunjungi pedagang jual masker kain, si kecil akan mengangapnya sebagai bagian keseharian.

4. Latihan Meski Berada di Rumah
Melatih diri agar terbiasa mengenakan masker ternyata tidak semudah yang dibayangkan bahkan bagi orang tua sekalipun. Namun demi menjaga kesehatan agar tidak tertular virus mematikan, kebiasaan ini harus dibangun bahkan sebelum menginjakkan kaki ke luar rumah. Benar, tidak ada salahnya sesekali mengajak si kecil mengenakan masker di dalam rumah, sebagai bentuk latihan agar dirinya menjadi lebih terbiasa.

5. Pastikan Masker Nyaman Digunakan
Di beberapa sudut kota, tampaknya sudah bukan menjadi pemandangan asing jika melihat pedagang tengah jual masker kain dengan berbagai desain dan ukuran. Desain memang dapat membantu agar si kecil tertarik mengenakannya, namun jangan lupa untuk mengedepankan kenyamanan. Selain menanyakan langsung, perhatikan apakah masker membuatnya nyaman saat bernafas serta memiliki ukuran yang pas untuk menutupi wajahnya.

Masker sudah seperti barang berharga yang tidak boleh dilupakan ketika hendak bepergian. Sayangnya, sebagian orang mengeluhkan tidak nyaman hingga sesak ketika menggunakan masker karena memang belum terbiasa tidak terkecuali anak anak. Menjadi momok sebagai orang tua melihat si kecil yang tidak ingin mengenakan masker, sehingga diperlukan tips cerdas agar mereka paham dan mau menerapkannya meski dibutuhkan kesabaran. Selamat mencoba !